Home » , » Memasarkan Situs Web Secara Gratis

Memasarkan Situs Web Secara Gratis

Written By Unknown on Rabu, 24 Juli 2013 | 12.49

Banyak pemilik situs web tidak memiliki uang untuk memasarkan websitenya secara komersial seperti pemasangan iklan PPC (Pay per Click) atau metode pemasaran komersial lainnya. Meski demikian, jangan khawatir, masih ada beberapa cara untuk memasarkan sebuah situs web secara gratis.

Hanya dua hal yang dituntut dari metode pemasaran situs web tanpa biaya ini: usaha dan waktu. Hasil yang diperoleh dari kampanye tersebut lamban, namun akan meningkat seiring dengan bertambahnya waktu. Metode pemasaran gratis merupakan alternatif yang baik, bukan karena minimnya biaya yang diperlukan, tetapi karena metode tersebut merupakan cara yang berguna untuk menghasilkan pengunjung situs web dengan segmen yang tepat dan cara yang sangat baik untuk membuat pengunjung kembali ke situs web kita.
Mendapatkan Pengunjung Pertama
Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah penyajian informasi pada situs web. Penting bagi pengembang situs web untuk memperhatikan bagaimana struktur situs web dan kemudahan konten situs web tersebut ditemukan oleh pengujung. Ketika pengunjung memasuki sebuah situs web, usahakan agar pengunjung hanya memerlukan tiga kali klikmouse untuk menemukan informasi yang dicari. Apabila lebih dari dari tiga klik, pengunjung akan mencari informasi tersebut pada website yang lain.
Back Link dan Kerjasama
Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung memasuki website kita adalah dengan mencari situs web yang memiliki informasi yang sama dengan situs web kita. Metode tersebut dapat dimulai dengan menggunakan search engine seperti Yahoo! dan Google untuk menemukan situs web dengan konsep yang sama. Mulailah dengan mengirimkan email kepada pemilik situs web tersebut dan meminta back link atau memuat berita yang menyebutkan situs web kita.
Search Engine dan Directories
Search engine dapat juga di jadikan cara yang baik untuk mengekspose sebuah situs web, walaupun cara ini bukan hal yang paling penting untuk dilakukan karena search engine akan menemukan situs web dengan sendirinya. Link dari situs web lain juga akan membuat search engine menemukan situs web. Satu satunya search engine yang memerlukan pendaftaran adalah DMOZ.
DMOZ adalah project open directory yang di bangun dan di urus oleh manusia, bukan mesin. Semua link yang terdaftar akan di teliti oleh editor, dan akan dimasukan pada search engineapabila telah memenuhi syarat. DMOZ merupakan directori yang paling sulit mendaftarkan sebuah situs web. Akan tetapi, DMOZ dapat membuka banyak pintu dan menciptakan trafik yang tinggi kepada sebuah situs web.
Forum
Salah satu upaya untuk meningkatkan trafik situs web adalah dengan mendaftarkan diri kedalam forum yang membahas topik yang berhubungan dengan konten situs web. Dengan memberikan “signatur” yang ringkas di setiap postingan forum, pengguna forum akan mendapat resensi menuju situs web kita.
Meski demikian, perlu diperhatikan agar jangan sekali-sekali berupaya menarik perhatian forum dengan mengirim SPAM, karena ini akan mengakibatkan anda dikeluarkan dari forum tersebut. Jawablah pertanyaan dari pengguna forum, dan memberikan kontribusi dalam forum setiap hari atau setidak tidaknya dalam periode minguan.
Menciptakan Pengunjung Setia
Memperoleh pengunjung setia situs web yang selalu kembali merupakan tantangan yang sulit. Meski demikian, ada beberapa cara jitu yang dapat digunakan untuk itu. Cara yang paling efektif adalah dengan menyediakan konten yang berkualitas dan selalu diperbarui agar pengunjung tertarik untuk kembali mengunjungi situs web tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan struktur situs web dan kemudahan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari.

Sumber : Virtualdotid
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !