Home » , » Facebook Insight Terbaru: Word-of-Mouth Bukan Sekedar Kata, Tapi Angka

Facebook Insight Terbaru: Word-of-Mouth Bukan Sekedar Kata, Tapi Angka

Written By Unknown on Rabu, 24 Juli 2013 | 12.54

Mungkin, semenjak tahun lalu, setiap menerima brief dari klien yang ingin brandnya hidup di social media, yang selalu menjadi target utama adalah angka pertambahan fans. Memiliki jumlah fans jutaan mungkin membuat kita merasa bangga tetapi apa jadinya bila kita memiliki banyak sekali fans namun sebenarnya tidak banyak diperbincangkan oleh fansnya sendiri atau orang lain di Facebook. Seorang fans bisa saja telah menjadi fans brand kita namun ternyata lebih memilih untuk asik memperbincangkan kompetitor dari brand kita dengan teman-teman atau keluarganya.
Akhir minggu lalu, Facebook meluncurkan fitur terbaru pada Facebook insight. Fitur baru ini memungkinkan para pemilik brand untuk mengukur dan mengetahui seberapa banyak angka fans yang memperbincangkan brand kita. Disini kita bisa memahami bahwa arti engagement tidak melulu total interaksi yang tejadi antara fans dan brandnya tetapi bagaimana akhirnya brand kita memiliki kemungkinan untuk “digossipin” oleh fans bersama dengan teman, pacar atau keluarganya di Facebook. Fitur terbaru itu disebut oleh Facebook dengan istilah People Talking About This yang mana di dunia pemasaran kita mungkin lebih mengenalnya dengan istilah word-of-mouth. Kemudian Facebook membuat fitur tersebut menjadi sangat menarik karena angka People Talking About This dapat dilihat oleh publik sehingga publik akhirnya bisa menilai hidup atau tidaknya sebuah komunitas di fanpage melalui seberapa banyak orang membicarakan konten dari brand tersebut.
Untuk meningkatkan angka People Talking About This, kita harus melalui beberapa tahapan. Facebook di dalam laporan FB insight terbaru membuat banyak istilah baru yang cukup merumitkan untuk menjelaskan proses tersebut. untuk itu saya menyederhanakanya dengan sebuah konsep bagaimana tahapan untuk mengkonversikan jumlah total fans menjadi angka People Talking About This.
Berikut penjelasanya:
1. Potential Reach
Jumlah fans yang telah kita kumpulkan dari saat kita membuat fanpage hingga saat ini adalah angka potensial fans yang bisa kita ajak berkomunikasi, entah itu membaca konten kita atau berdialog dengan kita.
2. Reach / True Reach
Reach disini adalah jumlah angka fans kita yang sedang online ketika kita publish sebuah konten dan dianggap memiliki kemungkinan untuk “aware” terhadap konten tersebut.
3. Engage
Jumlah fans yang memiliki ketertarikan terhadap konten yang telah kita publish dan diindikasikan dengan mengklik (membaca) konten kita.
4. Story / People Talking About This
Jumlah fans yang memberikan respon terhadap konten kita (like,comment) dan akhirnya menghasilkan efek viral.
Berikut gambaran dari keempat proses tersebut di dalam report insight Facebook terbaru:
Angka virality dihasilkan dari angka talking about this (jumlah orang yang likes, comment, share konten kita) dibagi dengan angka jumlah orang yang melihat konten tersebut. Di dalam angka persentase tersebut lah word-of-mouth di Facebook menjadi memungkinkan untuk diukur. Juga, perlu diperhatikan bahwa dengan pengukuran ini kita makin terbantu untuk menemukan konten yang tepat bagi fans kita di Facebook. Selamat mencoba ?
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !