Home » » Manfaat Menangis

Manfaat Menangis

Written By Unknown on Kamis, 20 Juni 2013 | 04.27


Every people usually crying when they fall down, hurt, and in the deepest sadness. Crying identical with weakness but right now, we’re gonna talk about the advantage of crying.

Menangis itu nggak selamanya menunjukan bahwa kita itu lemah saat dihadapkan dengan situasi tertentu, sehingga menangis selalu mendeskripsikan hal yang sia-sia karena tidak mengembalikan keadaan seperti semula. Namun, dengan menangis, kita juga mendapatkan hal-hal yang menguntungkan kita kok.
Menangis mempunyai manfaat bagi kesehatan dan juga batin kita sendiri.

Pertama, mari kita bahas tentang manfaat menangis dalam segi kesehatan.
1. Membantu penglihatan
Cairan yang keluar dari mata mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur karena fungsi air mata itu sendiri adalah untuk membantu penglihatan.  Air mata juga melumasi bola mata dan kelopak mata.

2. Mengeluarkan racun
Air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

3. Membunuh bakteri
Air mata juga berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertinggal dari keyboard, pegangan tangga, bersin, dan dari tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam waktu 5 menit.

4. Mencegah flu
Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri masuk, mata kita memiliki air mata untuk membantu mencegah kita sakit.

5. Membantu melawan penyakit
Selain meringankan level stress, air mata juga mampu membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi.
Kemudian kita bahas manfaat air mata dari segi batiniah.

1. Meningkatkan suasana hati
Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.

2. Menurunkan stress
Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stress. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena stress seperti endorfin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Melegakan perasaan
Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega karena setelah menangis, sistem limbik, otak, dan jantung akan lancar, dan hal itu akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.
Nah, itu adalah beberapa manfaat menangis dalam segi kesehatan dan juga batiniah. Meskipun stigma menangis bagi sebagian orang banyak merupakan sebuah kelemahan, namun sebenarnya apa yang dianggap lemah itu nggak selamanya lemah dan sia-sia, kok. Buktinya ada manfaat di balik menangis. So, don’t be shy to cry even it makes you looked weak but it can help you instead, folks.

Image Courtesy : amazonaws
TrendTalking.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !